Monday, May 8, 2017

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016  tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SBMPTN  2017 adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi. 

Informasi SBMPTN 2017 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2017

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei pukul 16.00 WIB. Seharusnya, pendaftaran SBMPTN berakhir pada 5 Mei pukul 22.00 WIB. Hal itu untuk memberi kesempatan kepada peserta dari daerah terpencil yang belum mendaftar.

Hal ini berdasarkan keterangan resmi dari panitia SBMPTN. Perpanjangan pendaftaran tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan pada calon mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal, terluar dan terdepan yang memiliki keterbatasan dalam akses internet untuk ikut serta dalam ujian tersebut.

Untuk waktu pembayaran diperpanjang hingga Senin, 8 Mei pukul 16.00 WIB. Sementara untuk pendaftaran diperpanjang hingga Selasa 9 Mei pukul 16.00 WIB.

Data yang masuk ke panitia, jumlah peserta yang sudah cetak kartu sebanyak 745.176 peserta yang terdiri dari 724.389 peserta yang mengikuti ujian berbasis kertas dan 20.787 peserta yang mengikuti ujian berbasis komputer.

Selain itu, peserta SBMPTN juga diminta untuk melakukan cek lokasi ujian minimal sehari sebelum ujian dilangsungkan.

Sedangkan untuk peserta yang sudah lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk datang secara pribadi (tidak dapat diwakilkan) dan langsung melakukan registrasi di PTN penerima pada 16 Mei pukul 07.00 WIB

Pendaftaran SBMPTN Di SIni


Untuk Persyaratan dan Panduan Pendaftaran Silahkan Masuk pada Laman Resmi SBMPTN
ini merupakan informasi dalam bidang Beasiswa S2, Berita Pendidikan / Kemenag Siapkan 36 Miliar untuk Beasiswa Santri Berprestasi, Buku Saku ASN, Pendaftaran SBMPTN. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi yang baik dan benar sesuai harapan saudara.

Baca juga


No comments:

Post a Comment

Popular Posts