Thursday, March 2, 2017

Gratis Aplikasi Praktis Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK)

Guru Nuantara : Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) tetapi aplikasi ini bisa untuk Ulangan Semester, atau Ulangan Tengah Semester, bahkan Ulangan Harian bisa berbasis komputer. Oleh karena itu aplikasi ini saya beri nama Penilaian Tertulis Berbasis Komputer (PTBK)
pada kesempatan ini admin melalui berbagai sumber lain telah menemukan sebuah aplikasi yang sangat bagus untuk Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Aplikasi ini berisi tentang pengerjaan soal berbasis komputer.
adapun penggunaannya sebagai berikut :
Pada menu utama jika NIS/No Ujian diisi akan muncul peringatan agar siswa menyimpan file sebelum melanjutkan memjawab soal. Langkah ini penting jika ujian dilaksanakan menggunakan jaringan, karena dengan soal disimpan maka pada komputer proktor/server data siswa akan tampil.
Pada halaman soal siswa bisa langsung klik pilihan jawaban, pada versi sebelumnya jawaban siswa diisikan pada kolom di bagian bawah pilihan jawaban
Fitur lainnya yang diberikan pada PTBK V4.20 adalah pilihan yang diberikan kepada penyusun soal, apakah nilai akhir bisa dilihat atau tidak oleh siswa jika sudah selesai mengerjakan soal. Pilihan ini diberikan karena tidak semua jenis penilaian bisa dilihat nilai akhirnya oleh siswa. Kalau untuk ulangan harian mungkin sebaiknya nilai akhir bisa dilihat oleh siswa sehingga bisa langsung menjadi masukan untuk tindak lanjut apakah perlu remidi atau pengayaan.

Pada bagian akhir yaitu setelah siswa selesai mengerjakan soal akan tampil halaman konfirmasi yang berbeda dengan versi sebelumnya. Pada Versi ini Halaman konfirmasi dengan tampilan yang lebih elegan serta ada peringatan untuk siswa jika masih memiliki waktu. Disamping itu jika klik Selesai maka akan tampil teks peringatan:
Anda Sudah Selesai  
Silakan Simpan File atau tekan Ctrl+S 
pada keyboard. Kemudian Tutup File atau Exit  
Demikian juga jika penyusun soal mengijinkan siswa untuk melihat nilai maka pada bagian bawah akan tampil Teks LIHAT NILAI yang berisi link untuk menuju nilai perolehan siswa. Tapi jika penyususn soal tidak mengijinkan maka teks ini tidak akan muncul.
Kemudian kelebihan yang benar-benar membedakan PTBK V4.20 dengan versi sebelumnya bahwa dalam versi ini setiap soal bisa diisikan untuk 4 (empat) paket soal. Jadi setiap siswa akan mengerjakan paket soal yang berbeda sesuai NIS/No Ujian yang telah ditentukan. 
Penulisan soal untuk PTBK V4.20 cukup mudah terutama materi tes yang hanya menggunakan teks. Untuk soal yang menggunakan gambar ada sedikit trik untuk membuatnya apalagi jika untuk paket soal yang lebih dari satu. Namun demikian jika sudah terbiasa maka saya yakin ini akan menjadi mudah.
Jika aplikasi ini akan digunakan secara serentak dalam jaringan ada cara khusus, sehingga guru/proktor cukup di depan server dan ketika siswa selesai mengerjakan soal maka rekapan nilai siswa bisa langsung tampil dan disimpan
Cara mengerjakan
  1. Siswa membuka file, kemudian mengisi atau memilih list  NIS atau No Ujian pada kolom NIS/No Ujian. Disarankan agar siswa memilih list NIS atau No Ujian untuk menghindari kesalahan. Nama siswa akan otomatis tampil pada kolom nama.
  2. Selanjutnya persilakan siswa untuk menyimpan file ata dengan menekan Ctrl+S
  3. Pada saat guru memberikan token maka Isi Kode Pembuka soal, yaitu gabungan antara NIS/No Ujian dengan Token. Misalkan no Ujian 312 dan token ABCD, maka kode pembuka soal menjadi 312ABCD.
  4. Tanpa kode pembuka soal maka soal tidak bisa tampil.
  5. Selanjutnya klik Mulai Mengerjakan Soal, dan siswa  klik pilihan jawaban pada huruf di depannya yang berisi bulatan kecil.
  6. Jika sudah selesai menjawab atau waktu sudah habis klik tombol SELESAI, kemudian pada sheet Konfirmasi klik Selesai. Jika masih ada waktu siswa bisa memilih Tidak dan akan kembali ke sheet soal no 1.
Jika sudah klik selesai persilakan siswa untuk menyimpan file, dan jika oleh guru disetting nilai bisa dilihat, maka siswa bisa langsung melihat nilainya. Tapi jika setting nilai tidak bisa dilihat maka link untuk melihat nilai tidak tampil

Nah jika anda berminat untuk mencoba silakan unduh :


Selamat melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer.Terima kasih, jangan lupa komen ya

Sumber : http://www.iwanyasa.com
ini merupakan informasi dalam bidang Aplikasi Praktis Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK), Bank Soal Latihan UN SMP/MTS, Bank Soal SMA KK 2013 Kelas X XI XII. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi yang baik dan benar sesuai harapan saudara.

Baca juga


No comments:

Post a Comment

Popular Posts